Kamis, 27 September 2012

D. TERBENTUKNYA BANGSA

Menurut pengamatan Ben Anderson, ilmuwan politik dari Universitas Cornel, bangsa merupakan komunitas politik yang dibayangkan dalam wilayah yang jenis batasnya dan berdaulat. Kelompok mayoritas akan lebih mudah menguasai keadaan politik dan membentuk suatu bangsa, bahkan wilayah yang sudah dikuasainya, sedangkan kelompok minoritas meras a perlu mendirikan negera sendiri sesuai perasaan senasib,sebangsa, dan setanah air di wilayah yang ditempatinya dan sudah dikuasai oleh kelompok mayoritas politik tadi.
Terbentuknya Bangsa itu pada tanggal 28 Oktober 1928 dengan dasar sumpah pemuda.

FAktor-Faktor Pembentuk Bangsa :
FAktor itu meliputi primordial, sakral, tokoh, bhineka tunggal ika, konsep sejarah, perkembangan ekonomi, kelembagaan.
  1. Primordial yaitu ikatan kekerabatan (darah,keluarga) dan kesamaan suku daerah, bangsa, daerah, dan adat istiadat.
  2. Sakral  yaitu kesamaan agama yang dianut oleh suatu masyarakat menimbulkan ideologi doktriner yang kuat dalam suatu masyarakat sehingga keterkaitannya dapat membentuk bansa negara.
  3. Tokoh, tokoh yang karismatik bagi masyarakat akan menjadi panutanuntuk mewujudkan misi-misi bangsa.
  4. Sejarah, sejarah dan pengalaman masa lau seperti penderitaan akibat penjajahan akan melahirkan solidaritas (senasib dan sepenanggulan).
  5. Bhineka Tunggal Ika merupakan faktor kesadaran antaranggota masyarakat mengenai pentingnya persatuan dalam berbagai perbedaan.
  6. Perkembangan Ekonomi yang terspesialisasi sesuai kebutuhan masyarakat akan meningkatkan mutu dan variasi kebutuhan masyarakat yang lain sehingga semakin tinggi pula tingkat ketergantungan di-antara masyarakat tersebut.
  7. Kelembagaan, Lembaga-lembaga pemerintahan dan politik seperti birokrasi, angkatan bersenjata, dan partai politik mempertemukan berbagai kepentingan di kalangan nasional, watak kerja, dan pelayanannya

0 komentar:

Posting Komentar

Tolong jangan memberikan komentar yang tidak sopan admin.

Template by:

Free Blog Templates